Pengalaman Skripsi

Saat-saat menyelesaikan perkuliahan dari semester 7 beralih ke semester 8, saya merasakan perbedaan yang tidak biasanya. Kenapa? karena di semester 8 itu ada Ujian Nasional Mahasiswa, yang bernama  SKRIPSI, yang notabene sebagai salah satu syarat utama menyelesaikan studi perkuliahan seorang mahasiswa. Di awal-awal, saya sempat berpikir, kalau skripsi itu kan ga perlu lagi belajar, seperti saat-saat kita belajar di dalam kelas. Tapi jangan salah, ternyata tidak demikian adanya. Malahan saat kita memulai semester akhir (8), kita akan dihadapkan dengan berbagai sekelumit pertanyaan, seperti :

1. Apakah masih ada mata kuliah yang nilainya D atau ada yg tidak lulus mata kuliahnya?

2. Apakah total IPK sementara sudah didapatkan nilai minimalnya?

3. Nah, yang ini paling sensitif, apakah kewajibannya sudah beres?… (Maksudnya pembiayaan pendidikan di kampus doi). hehe…

4. Atau apakah sudah mendapatkan judul untuk tugas akhir/skripsinya?

5. Dan sekelumit pertanyaan lainnya…

Selama saya menjalani proses tersebut dari awal sampai akhir, saya ingin menceritakan sedikit pengalaman berharga buat para pembaca, wabil khusus yang akan atau sedang menyusun skripsi saat ini.

Image

Begini, saya ingin memaparkan dan menjelaskan terlebih dulu, hasil yang telah saya rasakan selama menjalani proses awal sampai akhir menjalani skripsi. Yakni :

~Saya menjadi yang paliang cepat menyelesaikan porposal dan laporan tugas akhir skripsi;

~Bimbingan skripsi paling banyak dengan total 24 Kali;

~Menjadi i satu-satunya peserta sidang skripsi yang diperbolehkan ikut sidang akhir yang tepat pada waktunya;

~Satu-satunya pula, mahasiswa yang dimintai salah seorang dosen dan pengelola kampus untuk memasukan sambutan untuk calon istri pada “Lembar Pengesahan”. Hadeeh, ada-ada saja yah. Hehe…

~Menjadi koordinator & motivator teman-teman untuk semangat BERSKRIPSI…

~Menjadi mahasiswa yang paling cepat dalam menyelesaikan pembiayaan kuliah (tunggakan, dll).

~Dan masih banyak yang lainnya…🙂

Timbul pertanyaan sederhana, kenapa saya bisa melakukan hal itu? dan kenapa pula saya mampu menyelesaikan proses SKRIPSI yang telah berjalan sekitar 5 bulan. Begini, hal paling mendasar bagi saya waktu itu bagaimana membuat proses skripsi itu menjadi cepat, mudah, dan tidak menjadi ribet. Dan prinsip yang saya pegang waktu itu adalah bahwa “Kalau pengen cepet lulus kuliah, harus cepat pula dalam menyelsaikan skripsinya”  dan “Kelulusan saya, cepat tidaknya, ditentukan oleh ritme saya sendiri”. Makanya saya ngambil judul dan objek ga neko-neko and ga perlu jauh-jauh, sampai ada yang ke Kemenristek Jakarta lagi. Makanya saya ambil yang terdekat dan dengan judul yang sederhana, namun berisi. Jadi, itulah yang membuat saya bisa menyelesaikan skripsi dengan baik.

Fokus, fokus dan fokus menjalaninya, ya, walaupun agenda di saat skripsi saya malah semakin padat, dari mulai menjalani bisnis, menulis, berorganisasi, mengajar diberbagai sekolah, memimpin rapat guru, dan lain-lain. Kuncinya cuma satu, atur waktu dengan baik. Kemudian, saya juga terapkan strategi dan negosiasi setiap kali akan menghadapi bimbingan, soalnya salah satu dosen pembimbing saya, agak susah menjadwalkannya. Ya, akhirnya saya sendirilah yg harus merancang strategi jitu biar bisa lancar bimbingannya.  Satu hal lagi, saya selalu menanamkan sikap enjoy dalam mengerjakannya. Enjoy itu bukan berarti nyantai yaa? melainkan, dikerjakan dengan menikmatinya, mencintainya, dan menyayanginya… skripsi kaya pacar aja yah. hehe…

Itulah beberapa pengalaman skripsi yang telah saya lalui, semoga bermanfaat.

#Insyaallah tulisan ini akan saya bukukan tahun depan…

blog : www.madyusuf.wordpress.com

~Muhamad Yusuf, S.Kom~

About Muhamad Yusuf

~Its my profile... https://madyusuf.wordpress.com/about/

Posted on 20/12/2012, in Inspirasi and tagged . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

fatkoer.wordpress.com

Sahabat Pembelajar

santiariyani32

The greatest WordPress.com site in all the land!

NOTES TO REFLECT

"where the memories are captured"

Menulis dan Berbagi

:: If u Have Good Teachers, U Will Have Good Nations ::

Tips Motivasi

Tips-Tips Motivasi by Reza Wahyu

KAMMI MADANI

Terus Berkarya dan Menginspirasi

"Bisa Karena Terbiasa"

Katakanlah: "Inilah jalan (agama)ku, aku dan orang-orang yang mengikutiku mengajak (kamu) kepada Allah dengan hujjah yang nyata, Maha Suci Allah, dan aku tiada termasuk orang-orang yang musyrik".

Chichi N. Utami

...that you don't know what you've got 'til its gone

Blognya Omiyan

2 Perbedaan 1 Hati

