Tentang 5 Cm

Kamu pasti bisa…!

“Mimpi-mimpi kamu,

Cita-cita kamu,

Keyakinan kamu,

Apa yang mau kamu kejar,

Biarkan ia menggantung,

Mengambang 5 Cm, di depan kening kamu…

Jadi, dia nggak akan pernah lepas dari mata kamu,

Dan kamu bawa mimpi dan keyakinan kamu setiap hari,

Kamu lihat setiap hari, dan percaya bahwa Kamu Bisa…”

1

Itulah sepenggal dialog yang terjadi pada 5 pemuda di film 5 Cm. Saya katakan fim ini sangat inspiratif dan memotivasi bagi mereka anak-anak muda yang ingin menggapai mimpi dan cita-citanya. Ia tidak sekadar mengingatnya, namun menaruh mimpinya di depan kening berjarak 5 Cm.

5 Cm, film yang diangkat dari novel karangan Donny Dirgantoro ini, mampu menarik perhatian khalayak anak bangsa. Betapa tidak, gambar yang kita sering lihat ‘mendaki gunung’ menggambarkan keberaniaan dan perjuangan ke 5 sahabat dalam menggapai mimpinya, menaklukan puncak tertinggi pulau jawa yakni Gunung Mahmeru.

Adegan film yang di awali dengan pengenalan 5 tokoh pemuda dengan berbagai karakter yang khas sesuai novelnya, yakni Zafran (diperankan oleh Herjunot Ali), Genta (Fedi Nuril), Arial (Denny Sumargo), Ian (Igor ‘Saykoji’), dan Riani (Raline Shah). Selain ke 5 sahabat tersebut, terdapat tokoh pendukung utama yaitu Arinda yang diperankan oleh Pevita Pearce.

Fim ini kemudian beranjak mengisahkan kejenuhan dan kegalauan yang mereka alami setelah seringnya mereka bertemu dan nongkrong bareng selama dasawarsa. Dari situ terjadi kesepakatan bersama, untuk tidak saling bertemu dan berkomunikasi selama 3 bulan melalui media apapun.

Dalam waktu 3 bulan, mereka menjalani hidupnya sendiri-sendiri. Zafran dengan usahanya ingin menaklukan hati Arinda, Ian si Gemuk yang berjuang menyelesaikan skripsinya di FE UI, Arial dengan usahanya mendapatkan seorang pacar, Genta dengan kesuksesan karirnya, hingga Riani dengan hari-harinya yang sepi tanpa ke 5 sahabatnya.

Tiga Bulan berlalu, mereka akhirnya bertemu dan merencanakan untuk pergi bersama ke suatu tempat yang telah dirancang oleh Genta. Adegan yang dimulai dengan pertemuan di Stasiun Senen Jakarta dengan terlambatnya si “Endut” memaksa ia harus kejar-kejaran dengan kereta yang telah lampu hijau. Setelah sehari dan semalam di kereta, tibalah mereka di stasiun Malang dan melanjutkan perjalanan mereka dengan menggunakan mobil sport menuju Mahmeru.

Sebelum sampai di sana, ke 5 sahabat ini harus melalui gunung semeru untuk sampai ke gunung mahmeru. Perjalanan melalui pegunungan itu, terjadi banyak sekali dialog dramatis yang inspiratif, di awali dengan habisnya persediaan air sampai terlukanya Zafran. Medan yang cukup keras dan berliku-liku memaksa mereka untuk berjuang ekstra. Dan di sinilah mereka diuji rasa persabatan, cinta dan perjuangan ke 5 sahabat ini. Untuk bersama-sama menaklukan Mahmeru.

Setelah kurang lebih 4 hari mereka berjuang, akhirnya tepat pada pukul 5.20 WITA mereka sampai di Puncak Mahmeru. Dan terlihatlah matahari terbit dan awan yang begitu luas di depan mata mereka.

Sungguh petualangan yang menakjubkan…!

Salam,

Madyusuf.wordpress.com | I learn share and inspire

About Muhamad Yusuf

~Its my profile... https://madyusuf.wordpress.com/about/

Posted on 07/01/2013, in Inspirasi and tagged . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

fatkoer.wordpress.com

Sahabat Pembelajar

santiariyani32

The greatest WordPress.com site in all the land!

NOTES TO REFLECT

"where the memories are captured"

Menulis dan Berbagi

:: If u Have Good Teachers, U Will Have Good Nations ::

Tips Motivasi

Tips-Tips Motivasi by Reza Wahyu

KAMMI MADANI

Terus Berkarya dan Menginspirasi

"Bisa Karena Terbiasa"

Katakanlah: "Inilah jalan (agama)ku, aku dan orang-orang yang mengikutiku mengajak (kamu) kepada Allah dengan hujjah yang nyata, Maha Suci Allah, dan aku tiada termasuk orang-orang yang musyrik".

Chichi N. Utami

...that you don't know what you've got 'til its gone

Blognya Omiyan

2 Perbedaan 1 Hati

%d blogger menyukai ini: