Refleksi dan Resolusi 2014

Catatan seorang Guru

Tak’ ku kira kini berada di penghujung tahun 2013. Satu tahun ini banyak kisah dan cerita menarik dalam hidupku yang campur aduk, senang, susah, pahit, dan manis. Ibarat sebuah kereta yang di dalamnya terdapat beragam penumpangnya, begitupun dengan hari-hari yang telah di lalui kurang lebih 365 Hari.

18560-0_663_382

Bulan Januari-Februari

Bulan dimana aku sempat off mengajar sejak 2009 lalu, karena kerja di perusahaan nasional di jakarta. Dari sana aku bertemu kawan baru, ada yang dari Lombok dan Padang. Dan di bulan ini lahir anak dari sahabat saya Suparman. Penerus generasi persahabatan kami. Meninggalkan pekerjaan mengajar di SMP IT Nurul Falah sebenarnya, sangat membuatku terpukul, karena disanalah benih-benih kecintaan mengajar terhadap siswa lahir dan mengakar hingga kini. Saat berpisah, aku disambut dengan tangisan oleh siswa/i ku. Karena mereka sendiri masih menginginkan ku untuk tetap mengajar mereka. Tak kusangka beberapa siswa memberikan kado perpisahan. Terimakasih bapak ucapkan nak! Tak’ akan bapak lupakan…

Bulan Maret

Di bulan ini aku memutuskan untuk tidak lagi bekerja di perusahaan, karena miss komunikasi dan masih mencintai dunia mengajar, sehingga dulu datang tawaran kerja di MAN Leuwiliang Kabupaten Bogor dari Kepala MAN dan Kepala Tata Usaha. Ini terjadi karena dulu MAN Leuwiliang sempat dibuatkan website sekolahnya.

Bulan April

Pada bulan ini, aku memulai kerja di MAN Leuwiliang. Saat itu belum langsung bisa mengajar karena semester kedua akan mulai berakhir. Sehingga aku di tempat di bawah struktural tata usaha bidang Sistem Informasi.

Bulan Mei

Diberikan kepercayaan untuk menjadi panitia Camping SMP IT AL Madani Parungpanjang.

Bulan Juni

Sebagai sekretaris Ikatan Guru Indonesia (IGI) Cabang Bogor. Kami mengadakan workshop kurikulum 2013, di Jl. Pajajaran Kota Bogor yang diikuti oleh berbagai guru dari luar kota dan kabupaten.

Bulan Juli-Agustus

Diperkenalkan oleh Kepala MAN sebagai guru, dihadapan guru-guru senior. Perkenalan yang bersejarah bagiku menjadi seorang Guru MAN Leuwiliang.  Di bulan ini pula, aku masih diberikan usia untuk bisa berpuasa Ramadhan 1433 H bersama keluarga tercinta dan mengajar pertama kalinya untuk kelas 12 IPA 1.

Bulan September

Pertama kalinya mengikuti Rapat Kerja bersama Dewan Guru MAN Leuwiliang, pemikiran dan pendapat yang aku sampaikan di setiap sesi disambut baik oleh para guru. Salahsatunya, membuat ruang tulisan bagi seluruh guru dan siswa di website MAN Leuwiliang. Dari situ diamanahkan untuk menjadi admin NUPTK MAN Leuwiliang dan anggota KKM.

Bulan Oktober

Pekerjaan tambahan menjadi admin NUPTK madrasah, membuatku jarang pulang dan sedikit tidur, karena deadline aktivasi dan verval nuptk untuk semua ptk MAN Leuwiliang berjumlah kurang lebih 50 ptk dan 200 guru dan staff anggota kkm.

Bulan November

Tulisan pertama di Majalah Persatuan Guru Madrasah (PGM) Kabupaten Bogor tentang reportase gerak jalan kerukunan di gasibu bandung jawa barat. Tulisan kedua tentang “Guru, Mutiara Pendidikan untuk Generasi Emas Indonesia Tahun 2045” di muat pula di website MAN Leuwiliang.

Bulan Desember

Liburan akhir tahun diisi dengan beragam kajian ke-Islaman di Jakarta dan Bekasi bersama sahabat Aburrahman Habibie. Sempat pula mengikuti pelatihan menulis “Teacher Writing Camp” di Wisma UNJ untuk kali kedua, 28-29 Desember 2013 bersama Guru-guru hebat dari berbagai provinsi, diantaranya ada yang berasal dari Palangkaraya Kalimantan Tengah, Surabaya Jawa Timur, Sumatra Barat, dan lain sebagainya.

Alhamdulillah. Setahun sudah aku lewati dengan sedikit banyak pengalaman. Mudah-mudahan di tahun depan, aku bisa lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. amiin…

About Muhamad Yusuf

~Its my profile... https://madyusuf.wordpress.com/about/

Posted on 31/12/2013, in New Year and tagged . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

fatkoer.wordpress.com

Sahabat Pembelajar

santiariyani32

The greatest WordPress.com site in all the land!

NOTES TO REFLECT

"where the memories are captured"

Menulis dan Berbagi

:: If u Have Good Teachers, U Will Have Good Nations ::

Tips Motivasi

Tips-Tips Motivasi by Reza Wahyu

KAMMI MADANI

Terus Berkarya dan Menginspirasi

"Bisa Karena Terbiasa"

Katakanlah: "Inilah jalan (agama)ku, aku dan orang-orang yang mengikutiku mengajak (kamu) kepada Allah dengan hujjah yang nyata, Maha Suci Allah, dan aku tiada termasuk orang-orang yang musyrik".

Chichi N. Utami

...that you don't know what you've got 'til its gone

Blognya Omiyan

2 Perbedaan 1 Hati

%d blogger menyukai ini: