Memanfaatkan Blog untuk Efektivitas Belajar Siswa dengan Kurikulum 2013

Metode dan media belajar mengajar kini telah banyak mengalami berbagai kemajuan di segala bidang, salahsatunya dengan menggunakan blog sebagai sarana pembelajaran online antara guru dengan siswa. Dinas pendidikan dan seksi pendidikan madrasah di bawah kementerian agama pun telah memberikan dorongan agar para guru mampu membuat dan menyajikan pembelajaran berbasis online yang dapat diakses siswa dimana saja dan kapan saja tanpa batas ruang dan waktu (anywhere, anytime).

Blog berasal dari kata Weblog yaitu sebuah situs atau website gratis dengan konten berupa artikel atau tulisan-tulisan yang merupakan pemikiran dari sudut pandang dari pemilik blog, serta berisi gambar, audio, video, link sosial media yang diupdate secara berkala, sehingga memiliki ciri khas sesuai dengan keinginan pemiliknya. Umumnya blog menggunakan sudut pandang personal, dan tidak sedikit pula lembaga atau organisasi yang menggunakannya untuk tujuan instansi mereka. Ada yang memanfaatkan untuk penyebaran informasi, promosi produk, pembelajaran online, dan lain-lain.

1

Mengenai perubahan kurikulum. Pada bulan Juli 2013, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) kembali menggulirkan kurikulum baru dengan nama Kurikulum 2013 karena menurut kemdikbud tidak sesuai lagi dengan perkembangan zaman. Alasan mendasar lainnnya yaitu terkait dengan pendidikan karakter karena KTSP 2006 diklaim belum mampu menghasilkan peserta didik yang berkarakter sebagaimana tujuan pendidikan nasional.  Selain itu, kurikulum tersebut belum fokus dalam memberikan bahan materi karena banyaknya jumlah mata pelajaran dan jam belajar yang terlalu banyak, sehingga mengakibatkan peserta didik terbebani.

Di era percepatan informasi dan semakin murahnya akses internet. Saat ini, Blog sudah banyak digunakan oleh berbagai kalangan. Selain sebuah sistem yang informatif pada bidang pendidikan, Blog memiliki kemampuan untuk memperbaharui, mendistribusikan dan berbagi bahan pengajaran dan informasi kepada peserta didik mengenai pelajaran yang diikutinya secara mandiri dan realtime. Blog dapat dibuat dengan berbagai situs penyedia layanan antara lain blogspot.com, wordpress.com, livejournal.com, blogdetik.com, weebly.com dan lain-lain.

Keunggulan diterapkannya Blog sebagai media pembelaran online karena biayanya  yang murah, guru dan siswa tidak lagi terbebani dengan mahalnya biaya buku. Dari segi waktu dan tempat juga fleksibel. Selain itu, guru dan siswa akan mahir dalam menguasai teknologi informasi dan dapat membentuk karakter peserta didik yang mandiri dan bertanggung jawab. Belum lagi, pada kurikulum 2013 akan tercipta lima aspek yang dapat terjadi dalam proses pembelajaran online siswa dengan menggunakan blog, pertama siswa tidak segan bertanya, kemudian bernalar, menkonfirmasi, mengaplikasikan dan mengevaluasi, jadi kelima aspek ini memenuhi proses pembelajaran pada kurikulum 2013. Selamat Ngeblog…!

 

 

About Muhamad Yusuf

~Its my profile... https://madyusuf.wordpress.com/about/

Posted on 25/01/2014, in Blog, Guru Menulis, Penulis, TIK, Tips Menulis. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

fatkoer.wordpress.com

Sahabat Pembelajar

santiariyani32

The greatest WordPress.com site in all the land!

NOTES TO REFLECT

"where the memories are captured"

Menulis dan Berbagi

:: If u Have Good Teachers, U Will Have Good Nations ::

Tips Motivasi

Tips-Tips Motivasi by Reza Wahyu

KAMMI MADANI

Terus Berkarya dan Menginspirasi

"Bisa Karena Terbiasa"

Katakanlah: "Inilah jalan (agama)ku, aku dan orang-orang yang mengikutiku mengajak (kamu) kepada Allah dengan hujjah yang nyata, Maha Suci Allah, dan aku tiada termasuk orang-orang yang musyrik".

Chichi N. Utami

...that you don't know what you've got 'til its gone

Blognya Omiyan

2 Perbedaan 1 Hati

%d blogger menyukai ini: