Pengalaman Pertama Menjadi Inspirator Menulis Novel

Sore itu, saat sedang beristirahat di rumah. Tiba-tiba saja ada pesan pendek yang tidak ada ID-nya masuk ke Android mungilku Smartfren.

“Assalamu’alaikum…” sms nya padaku.

“Wa’alaikumsalam. Ini siapa ya?” jawabku membalas salam sembari bertanya.

Tidak tahu kenapa tiba-tiba nomor tersebut menelpon. Langsung saja ku angkat seketika.

“Ini kang yusuf ya?” tanyanya.

“Yup betul. Ini siapa ya?” tanyaku balik.

“Kang, saya Irham dari MAN Parungpanjang. Akang kan sudah nerbitin Novel Liontin, bisa ngisi Diklat Jurnlistik Tanggal 27 Mei tentang tips menulis novel?” tanyanya sambil memperkenalkan diri.

Ketika itu saya agak terkaget karena tidak ada angin dan tidak juga panas, tiba-tiba saja ada yang mengundang untuk menjadi narasumber menulis novel. Langsung saja aku melihat kalender untuk melihat jadwal di tanggal tersebut.

“Oya ham, InsyAllah bisa. Jam berapa acaranya?” tanyaku dengan sedikit terbata-bata.

“Acaranya mulai jam 8, kalau akang di sesi kedua ya jam 10”. jawabnya datar.

“Ok  InsyaAllah saya bisa hadir” jawabku dengan semangat.

Di atas tadi, sedikit percakapan saat diundang untuk mengisi diklat jurnalistik. Saya mengucapkan puji syukur kepada Allah swt karena diberikan kesempatan untuk dapat berbagi pada adik-adik Lintas MAN Parungpanjang, yang juga merupakan almamater saya sewaktu sekolah di aliyah.

Karena waktu yang tinggal beberapa hari, saya segerakan untuk membuat unek-unek apa yang mau disampaikan dalam diklat tersebut. Setelah beberapa jam saya berpikir, materi yang akan diberikan berjudul “7 Tips dalam Menulis Novel”. 

Di hari saat acara, ketika masuk ke ruangan diklat. Wajah-wajah manis, cantik dan ganteng menghiasi senyum dari semua anggota jurnalistik kelas X yang menjadi peserta saat saya menyapa dengan salam. Setelah itu saya langsung memperkenalkan diri kepada peserta yang berjumlah sekitar 30 anggota. Usai perkenalan saya langsung meminta semua peserta untuk membuat opini/pendapat mereka apa sih novel itu, yang mereka tuangkan ke dalam secarik kertas.

10409427_568194979966712_5536668993264023332_n

“Yang ada dibenak kalian saja ya” pintaku.

“Baik kak” jawab serempak.

Setelah itu saya meminta kepada empat orang siswa untuk maju membacakan opini novel yang mereka pilih secara acak.

“Novel itu cerita tentang realita kehidupan”

“Novel merupakan rangkaian serita yang banyak tokoh dan kejadian-kejadiannya”

“Novel ialah rangkaian cerita panjang”

“Novel adalah kisah kehidupan atau perjalanan hidup sesorang yang bisa dibaca oleh semua orang”

Itulah ke empat opini yang dipilih secara acak dan dibacakan oleh anggota lintas man yang berani tampil. Setelah saya meminta opini mereka tentang novel. Selanjutnya saya paparkan lebih luas apa sih Novel itu? Karakteristiknya bagaimana? Apa perbedaanya dengan cerpen? Lalu jenis-jenis Novel itu apa saja? Kemudian apa sih yang didapet menjadi seorang Novelis? Usai pertanyaan itu sampailah kepada  “7 Tips dalam Menulis Novel”.  Yang dapat saya intisarikan sebagai berikut :

1. Miliki Niat dan Motivasi

2. Banyak Membaca

3. Sediakan Waktu untuk Menulis

4. Berlatih Menulis

5. Bangun Jaring Pertemanan/Network

6. Jadikan Hobby

7. F O K U S

Pada saat point yang ke empat saya minta semua peserta diklat untuk menuliskan tantangan yang saya berikan yaitu membuat tulisan tentang “Sahabat atau Seorang Pacar” dalam penekanan kuatnya karakter tokoh, terjadinya dialog, serta ada gambaran yang menarik dari cerita yang ditulis. Dengan diberikannya tantangan tersebut, saya memberikan reward untuk 3 tulisan terbaik. Dan dari ke 30 cerita, tersaringlah menjadi 3 terbaik yakni Jaka, Putri dan Mitha yang mana mereka mendapatkan Novel Liontin Gratis.

Nah, itulah pengalaman dan 7 tips yang saya sampaikan saat bedah novel pada diklat Jurnalistik yang mengambil tema “Menjadikan Generasi Kreatif, Inovatif dan Bertanggung Jawab” Selasa, 27 Mei 2014 di Kampus MAN Parungpanjang.

About Muhamad Yusuf

~Its my profile... https://madyusuf.wordpress.com/about/

Posted on 29/05/2014, in Menulis and tagged . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

fatkoer.wordpress.com

Sahabat Pembelajar

santiariyani32

The greatest WordPress.com site in all the land!

NOTES TO REFLECT

"where the memories are captured"

Menulis dan Berbagi

:: If u Have Good Teachers, U Will Have Good Nations ::

Tips Motivasi

Tips-Tips Motivasi by Reza Wahyu

KAMMI MADANI

Terus Berkarya dan Menginspirasi

"Bisa Karena Terbiasa"

Katakanlah: "Inilah jalan (agama)ku, aku dan orang-orang yang mengikutiku mengajak (kamu) kepada Allah dengan hujjah yang nyata, Maha Suci Allah, dan aku tiada termasuk orang-orang yang musyrik".

Chichi N. Utami

...that you don't know what you've got 'til its gone

Blognya Omiyan

2 Perbedaan 1 Hati

