UJIAN SKACI – ITB YANG MENEGANGKAN

Di hari terakhir pelatihan “Jago Animasi dan Multimedia Programming” yang dilaksanakan di Gedung Research and Development (R & D) ITB – Korea, rangkaian kegiatan pelatihan ini memasuki babak akhir yakni dengan menghadapi tryout dan dilanjutkan dengan Uji Kompetensi Tutor (UKT) secara Online yang meliputi Program Animasi Scratch, Adobe Flash dan Pemrograman Java Greenfoot.Tidak hanya kami dari rombongan Guru-guru TIK dan Staff IT Sahid Boarding School Bogor, namun di waktu yang bersamaan rombongan dari Sekolah Cerdas Bahtera Bandung juga turut mengikuti pelatihan dan kegiatan UKT selama lebih kurang dua minggu. Ujian ini dibagi dalam dua panel berbeda dengan tiga program yang juga tidak sama.

Paginya atau di panel pertama kami mengikuti kegiatan tryout online yang berisikan pilihan ganda untuk mengasah kemampuan dan wawasan program yang telah ditrainingkan oleh TIM SKACI-ITB. Alhasil dari tryout yang dikerjakan, belum ada yang terlihat “Lulus” dari ambang batas minimal 80 untuk Scratch, nilai 75 untuk Adobe Flash dan Greenfoot Java. Rata-rata nilai tryout online yang kami dapatkan tidak lebih dari 70. Sebenarnya soalnya mudah, karena terlihat mudah itulah tidak jarang kami terkecoh. Hehe…🙂

Ujian sebenarnya dilanjutkan pada pukul 13.00 yang disebut dengan Uji Kompetensi Tutor atau kependekan dari UKT. Nah untuk lulus sertifikasi Jago Animasi dan Multimedia Programming yang diadakan oleh SKACI-ITB Team, kami mesti lulus dari ujian yang satu ini. Jreeeng… tepat pada jam yang telah ditentukan, kami langsung memulai menjawab soal secara online, namun tidak halnya yang mengikuti pelatihan Java Greenfoot (Pak Dwi, Pak Fani dan Firyal) mereka hanya menghadapi berbagai soal dengan menjawab dilembar kertas karena untuk program yang satu ini masih terbilang baru dan belum ada konten soal yang diisikan secara daring melalui website SKACI.

Ada rasa tegang saat memulai mengerjakan soal, karena memang takut hasilnya seperti tryout (Saya, Pak Agung, Bary, Vinni dan Rizki). Makanya hampir dari kami semua merasa was-was dan mewanti-wanti kalau-kalau tidak lulus. Namun ada juga sebagian lain yang enjoy dan tenang-tenang saja. Karena mereka telah mempersiapkan senjatanya untuk berperang melawan 120 soal dengan waktu sekitar 2 jam. Saat selesai mengerjakan Alhamdulillah… rasa syukur kami sampaikan kepada Allah swt, karena lebih banyak yang lulus ketimbang yang tidaknya.Menurut seorang tutor kami Bu Sofi, bagi yang belum lulus janganlah berkecil hati. Ini hanya formalitas dan legalitas saja untuk mengukur kemampuan kami selama mengikuti pelatihan disini. Yang paling penting katanya bagaimana untuk mengajarakan secara kreatif kepada anak-anak (siswa), terus berkreasi dan tidak patah semangat.

Setelah itu, kami berfoto-foto narsis di gedung Cyber ITB dengan seluruh guru dan para tutor SKACI. Beberapa fotografer amatiran turut memotret kami sambil berpanas-panasan diterik sore. Sambil berfose, ada yang bergaya renang bebas, ada yang 1 dan 2 jari diacungkan, ada pula yang mengacungkan jempolnya Bandung Juara. Usai berfoto bersama kami bersalam-salaman sambil ditutup dengan bermaaf-maafan. Yuhuuuu… akhirnya pelatihan ini selesai juga, dan esoknya insyaAllah kami pulang ke kampung halaman. Sekian dan terimakasih…🙂

1

About Muhamad Yusuf

~Its my profile... https://madyusuf.wordpress.com/about/

Posted on 03/07/2014, in Guru Menulis, Inspirasi, TIK and tagged . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

fatkoer.wordpress.com

Sahabat Pembelajar

santiariyani32

The greatest WordPress.com site in all the land!

NOTES TO REFLECT

"where the memories are captured"

Menulis dan Berbagi

:: If u Have Good Teachers, U Will Have Good Nations ::

Tips Motivasi

Tips-Tips Motivasi by Reza Wahyu

KAMMI MADANI

Terus Berkarya dan Menginspirasi

"Bisa Karena Terbiasa"

Katakanlah: "Inilah jalan (agama)ku, aku dan orang-orang yang mengikutiku mengajak (kamu) kepada Allah dengan hujjah yang nyata, Maha Suci Allah, dan aku tiada termasuk orang-orang yang musyrik".

Chichi N. Utami

...that you don't know what you've got 'til its gone

Blognya Omiyan

2 Perbedaan 1 Hati

%d blogger menyukai ini: