Mata Pelajaran Baru Prakarya dan Kewirausahaan Kurikulum 2013 Tantangan dan Harapan

Kurikulum 2013 yang belum lama ini digulirkan pada madrasah-madrasah di tanah air telah banyak menuai pro dan kontra dari berbagai kalangan seperti penghapusan mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), belum meratanya pelatihan Kurikulum 2013, pengurangan dan penambahan jam pelajaran, penjurusan/peminatan siswa, dan kendala teknis lainnya seperti keterlambatan buku pegangan guru dan siswa, serta pemahaman konsep para guru dalam mengampu mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan (Kriya) yang saat ini mulai diajarkan di tingkat SMP/MTs dan SMA/MA.

prakarya dan kewirausahaan kurikulum 2013 SMA kelas 10 copy

Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan menurut pandangan penulis merupakan mata pelajaran yang memadukan ilmu ekonomi dan manajemen, seni budaya, serta teknologi informasi yang mengembangkan pengetahuan dan melatih keterampilan peserta didik agar memiliki kecakapan hidup yang bernilai jual dan memiliki nilai seni dengan memanfaatkan potensi lingkungan setempat dan sumber daya yang dimiliki.

Problematika mata pelajaran Kriya yang kontennya mengedepankan kearifan lokal sebagai rujukan utama kemajuan potensi daerah setempat dinilai belum mampu menjawab permasalahan dan tantangan zaman, karena efek domino perubahan kurikulum 2013 yang tidak menyeluruh, sehingga menimbulkan mindset negatif dari para pendidik tentang pola grandesain pembelajaran Kriya yang seharusnya diterapkan dikelas.

Guru merupakan pemain inti pendidikan, menang tidaknya pendidikan ditentukan keberhasilan guru dalam memberikan pembelajaran yang bermutu pada peserta didiknya. Kesulitan para tenaga pendidik yang baru mengampu mapel Kriya, adalah belum terpahaminya konsep materi dan praktek yang meliputi empat bidang yakni Kerajinan, Pengolahan, Rekayasa maupun Budidaya dikarenakan minimnya informasi dan bekal pelatihan yang masih sedikit. Selain itu, sarana prasarana praktikum seperti membuat kerajinan tekstil membatik, menyablon, mebuat DC tenaga listrik dan lain-lain masih belum tersedia, ditambah lagi dengan minimnya biaya untuk mendatangkan pendamping praktikum Kriya (Jika memang diundang).

Selain tugas guru adalah memberikan bekal keterampilan yang bernilai ekonomis, dalam Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar (KI – KD) yang dikeluarkan oleh kemdikbud bahwa peserta didik juga diharuskan memiliki jiwa wirausaha atau enterpreunership sehingga ketik ia telah memiliki bekal skill yang memadai maka langkah yang harus ia jalani adalah menjadi wirausaha dengan keterampilan yang dimilikinya, baik itu bidang Kerajinan, Pengolahan, Rekayasa maupun Budidayanya.

Data Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) menyebutkan, hanya 0,18 persen masyarakat atau 400ribu penduduk Indonesia yang menjadi pengusaha. Padahal, idealnya untuk menjadi negara yang maju seperti paman sam Amerika Serikat dibutuhkan 2 persen sekitar 4,6 juta dari 238 juta penduduk Indonesia saat ini. Maka harapan inilah yang dituju dari output pembelajaran Kriya, membangun enterpreneur-enterpreneur muda sejak dini sehingga mampu meningkatkan jumlah pengusaha di Indonesia. Menjadi negara mandiri, maju dan unggul.

Oleh : Muhamad Yusuf, S.Kom (Guru MAN Leuwiliang)

About Muhamad Yusuf

~Its my profile... https://madyusuf.wordpress.com/about/

Posted on 12/08/2014, in Guru Menulis, Inspirasi, Kriya, Pendidikan and tagged . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

fatkoer.wordpress.com

Sahabat Pembelajar

santiariyani32

The greatest WordPress.com site in all the land!

NOTES TO REFLECT

"where the memories are captured"

Menulis dan Berbagi

:: If u Have Good Teachers, U Will Have Good Nations ::

Tips Motivasi

Tips-Tips Motivasi by Reza Wahyu

KAMMI MADANI

Terus Berkarya dan Menginspirasi

"Bisa Karena Terbiasa"

Katakanlah: "Inilah jalan (agama)ku, aku dan orang-orang yang mengikutiku mengajak (kamu) kepada Allah dengan hujjah yang nyata, Maha Suci Allah, dan aku tiada termasuk orang-orang yang musyrik".

Chichi N. Utami

...that you don't know what you've got 'til its gone

Blognya Omiyan

2 Perbedaan 1 Hati

%d blogger menyukai ini: